Kanopi-Rumah

Bagaimana jadinya kalau bagian luar rumah kita, tidak dipasang kanopi teras rumah? Selain kepanasan dan kehujanan, sepertinya rumah akan lebih cepat mengalami kerusakan. Memasang kanopi di area rumah memang memiliki fungsi yang bermanfaat untuk melindungi area luar rumah.

Tidak heran, bangunan rumah modern saat ini, beberapa  fasilitas publik, hingga gedung perkantoran juga menggunakan kanopi teras rumah yang nyaman. Terdapat beberapa jenis kanopi teras dari berbagai material, salah satunya adalah material baja yang ringan dan pemasangan yang mudah.

Anda yang hendak membangun rumah atau sedang ingin memasang kanopi teras rumah, berikut beberapa hal mengenai pentingnya memasang kanopi tersebut.

Fungsi Kanopi Pada Bangunan

Penggunaan kanopi sejak dulu, memiliki fungsi utama sebagai pelindung bagi suatu area atau bangunan tertentu. Seiring berkembangnya zaman, penggunaan kanopi bukan hanya untuk teras, tetapi juga untuk bagian depan kantor, kafe, dan bangunan semi permanen lainnya.

Lalu apa saja fungsi dari pemasangan kanopi untuk bangunan seperti teras rumah atau pada fasilitas publik? berikut ulasan selengkapnya:

1. Sebagai Pelindung Bangunan

Kanopi dipasang agar dapat melindungi area dalam suatu bangunan, dari perubahan iklim yang tidak menentu seperti panas, hujan, hingga angina kencang. Ketika menggunakan kanopi di area teras rumah, maka penghuni rumah akan merasa lebih nyaman dan sejuk ketika berada di rumah.

Penghuni rumah tidak perlu khawatir akan percikan air yang mengenai rumah atau area luar rumah yang rusak karena terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Sebagai Ruang Tambahan

Penghuni rumah juga dapat mengoptimalkan fungsi teras depan ya dengan memasang kanopi. Bagian teras ini bisa menjadi ruang tambahan ekstra, khususnya pada rumah berukuran kecil yang ingin menambah fungsi ruangan baru.

3. Sebagai Dekorasi

Fungsi kanopi berikutnya adalah sebagai dekorasi, khususnya bagian desain eksterior rumah. Terdapat berbagai desain kanopi yang menarik dan unik untuk dipilih sesuai kebutuhan. Dalam hal ini, pastikan Anda mengutamakan kualitas dari kanopi itu sendiri, seperti material dasar juga bahan rangka yang digunakan agar lebih tahan lama.

Pemasangan Kanopi Mudah

Khusus untuk pemasangan kanopi dengan material dasar dari baja ringan, proses pemasangannya bahkan lebih mudah. Untuk kanopi baja ringan, proses pemasangan akan memakan waktu sekitar 1 mingguan. Jenis kanopi ini juga anti susut karena tidak mengalami proses pemuaian pada rangka besinya.

1. Menghemat Biaya Perawatan

Fungsi kanopi berikutnya adalah dapat menghemat pengeluaran. Misalnya, ketika membangun garasi harus membutuhkan budget yang lebih besar, dengan memasang kanopi bisa lebih hemat.

Beberapa jenis kanopi menggunakan material yang ringan tapi berkualitas, membuat pemasangan kanopi menjadi mudah dan  tidak memerlukan biaya perawatan yang tinggi.

2. Memilih Material Kanopi

Setelah mengetahui fungsi kanopi untuk bangunan, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan Adalah dalam pemilihan materialnya. Terdapat beberapa jenis atap kanopi dari material yang berbeda dan populer digunakan saat ini, seperti berikut:

  • Kanopi Polycarbonate
  • Kanopi Alderon atau uPVC
  • Kanopi Kaca
  • Kanopi Spandek atau Zincalume
  • Kanopi Go Green
  • Kanopi Solartuff
  • Kanopi Membrane

Untuk rumah dan teras yang nyaman, Anda bisa memilih jenis atap kanopi dengan material yang ringan, mudah dipasang, dan tidak perlu perawatan ekstra. Kanopi uPVC adalah rekomendasi yang tepat untuk kebutuhan tersebut. Jika lebih menyukai kanopi kaca, maka Anda harus siap dengan perawatan ekstra agar tetap bersih.

Jika budget Anda terbatas, sebaiknya tidak memilih kanopi kaca atau kanopi Membrane, Karena harganya cukup mahal.

Perhitungan Biaya Pemasangan

Jika Anda masih bingung untuk memilih kanopi yang sesuai dengan budget, sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu estimasi biaya pemasangannya. Biaya kanopi untuk teras rumah sendiri biasanya dihitung per meter. Mulai dari yang paling terjangkau, yaitu kanopi Spandek baja ringan dengan harga mulai dari Rp 195.000 per meter.

Untuk jenis kanopi Polycarbonate harga per meternya mulai dari Rp 290.000. Kedua jenis kanopi ini yang paling umum digunakan untuk eksterior rumah modern. Selain harga kanopinya, Anda juga perlu memperhitungkan biaya pasang kanopi, jika menggunakan jasa tukang khusus.

Jasa pasang kanopi yang ditawarkan bisa secara harian atau borongan. Sebagai contoh Anda ingin memasang kanopi ukuran 3X4 atau sekitar 12 m2. Biaya per meternya untuk kanopi Spandek baja ringan sekitar Rp. 360.000 ( tergantung kualitas). Maka biaya total pemasangan Rp 360.000 X 12 m2 yaitu Rp 4.320.000.

Jika memilih jasa pasang kanopi borongan, biayanya bisa lebih murah dari jasa harian. Namun, Anda harus menyiapkan seluruh material dan peralatan yang dibutuhkan.

Pertimbangkan Desain Eksterior Rumah

Karena hendak memasang kanopi untuk teras rumah, maka penting untuk mempertimbangkan pemilihan model kanopi dengan desain eksterior rumah. Jika rumah Anda bergaya minimalis modern, maka model kanopi teras rumah dengan kisi-kisi bisa menjadi pilihan yang cantik.

Jika rumah Anda bergaya klasik dan ingin menggunakan model kanopi yang harganya terjangkau, maka kanopi kain bisa menjadi pilihan yang sesuai. Lain halnya untuk pemilik rumah mewah atau menerapkan desain megah pada bangunan rumahnya, maka kanopi kaca akan sangat cocok dan memberikan kesan elegan.

Paling popular, penggunaan kanopi baja ringan untuk rumah-rumah di kawasan perumahan. Harganya terjangkau dan perawatannya tidak sulit, seperti kanopi kaca. Agar mendapatkan desain eksterior rumah yang pas dengan konsep rumahnya, sehingga Anda memiliki teras rumah yang cantik, jasa desain eksterior rumah bisa Anda manfaatkan.

Demikian pemaparan tentang pentingnya memasang kanopi teras rumah, yang bukan hanya melindungi tetapi juga menambah nilai estetika dan nilai investasi pada rumah tersebut.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *