Tinggal di Daerah Kabupaten

Apa sih keuntungan tinggal di daerah kabupaten? Bukanya fasilitas akan lebih terbatas dibandingkan di perkotaan?

Bagi Anda yang mulai merasa jenuh tinggal di wilayah perkotaan, pindah ke daerah kabupaten bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebut saja beberapa kabupaten yang banyak diminati, seperti Kabupaten Bogor, Tangerang, Bekasi, Purwakarta, hingga Cirebon, fasilitas di sana cukup lengkap dan mudah dijangkau.

Tinggal di kabupaten ternyata tidak membatasi aktivitas kita, karena daerah kabupaten banyak yang sedang mengalami perkembangan.

Lalu apa saja keuntungan tinggal di daerah Kabupaten dan bagaimana sarana dan fasilitas yang tersedia di sana  berikut ulasan selengkapnya:

Mengenal Daerah Kabupaten

Kabupaten merupakan wilayah teritorial atau wilayah administratif setelah provinsi, yang dipimpin oleh bupati. Seperti halnya kota, kabupaten juga memiliki wewenang yang sama.

Kabupaten memiliki beberapa kota kecil berupa kecamatan, yang di dalamnya terdapat tempat pemukiman penduduk hingga kondisi infrastruktur yang sudah merata.

Salah satu hal yang menjadi fokus dalam perkembangan kabupaten adalah sektor propertinya. Kabupaten memiliki beberapa keuntungan bagi masyarakatnya, yang tinggal di wilayah ini.

Selain itu, sektor pariwisata juga menjadi salah satu alasan banyak orang mengunjungi dan tinggal di wilayah kabupaten. Mereka banyak yang mendirikan bisnis baru atau pindah bekerja di sana.

Keuntungan Tinggal di Kabupaten

Sudahkah Anda tahu apa perbedaan dari kota dan kabupaten? Perbedaan keduanya terlihat dari pembagian administratifnya. Kabupaten memiliki struktur pemerintahan, ukuran wilayah, populasi masyarakat, hingga tingkat perkembangan yang berbeda dengan wilayah Kota.

Karena mengalami perkembangan dalam beberapa sektor, tidak heran saat ini banyak orang memilih pindah dan tinggal di Kabupaten.

Tinggal di wilayah yang agak jauh dari kota, mungkin saja memunculkan peluang baru yang menguntungkan untuk masa depan. Berikut ini keuntungan tinggal di wilayah Kabupaten:

Biaya Hidup

Banyak orang yang memutuskan pindah agak jauh dari kota, agar mereka bisa menekan biaya hidup yang semakin tinggi saat di kota besar.

Biaya hidup adalah bagaimana Anda mengatur pengeluaran dan pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari. Contoh kecil saja, biaya makan.

Jika saat di kota besar Anda hanya bisa makan di restoran, maka di kabupaten, makanan dari warteg yang lebih murah bisa menjadi alternatif.

Infrastruktur dan Akses Jalan

Wilayah kabupaten saat ini sudah memiliki infrastruktur dan Akses jalan yang mudah dilalui. Misalnya, kabupaten Tangerang yang memiliki akses jalan mudah menuju bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, kondisi jalan di kabupaten tersebut lebih lebar dan tidak sepadat jalan di Jakarta. Anda akan lebih mudah saat beraktivitas dan menuju beberapa lokasi di wilayah tersebut.

Peluang Bisnis

Beberapa wilayah kabupaten seperti Tangerang, Bekasi, Purwakarta, Tasikmalaya merupakan wilayah berkembang. Dalam hal bisnis, ini merupakan peluang yang bagus.

Para investor atau Anda yang suka berbisnis, bisa mencari peluang bisnis baru yang menguntungkan dan masih minim pesaing.

Bisnis kuliner sepertinya masih menjadi pilihan yang menguntungkan. Anda bisa membawa kuliner-kuliner yang populer di Kota untuk dijual di kabupaten.

Dekat Tempat Liburan

Beberapa tempat liburan keluarga yang populer di Indonesia, umumnya berada di wilayah kabupaten. Di kabupaten Lembang misalnya, ada banyak tempat wisata alam populer di sana.

Begitu juga beberapa wahana bermain yang menarik berada di kabupaten Tangerang, seperti Ocean park, Bintaro Xchange, dan lain sebagainya.

Keuntungan tinggal di wilayah kabupaten yang dekat tempat liburan, tentunya bisa memudahkan Anda menemukan tempat refreshing bersama keluarga.

Banyak Kawasan Hunian

Keuntungan tinggal di wilayah kabupaten selanjutnya adalah kawasan hunian yang cukup beragam.

Dengan wilayah yang masih cukup luas, banyak alternatif tempat tinggal modern di sana. Mulai dari perumahan, hingga Apartemen umumnya sudah tersedia. Contohnya saja di Tangerang, di sana banyak cluster di Tangerang yang mewah dan memiliki fasilitas lengkap.

Harga tanah dan bangunan di wilayah kabupaten juga tentu lebih murah, sehingga bisa menjadi nilai investasi yang bagus di masa depan.

Tidak heran, harga rumah di kabupaten dengan luas yang sama di Kota, bisa memiliki harga yang lebih terjangkau. Selain itu fasilitas dan sarana penting lainnya juga tersedia dengan lengkap.

Fasilitas Pendidikan

Fasilitas pendidikan menjadi salah satu keuntungan yang didapat, saat Anda dan keluarga memutuskan untuk pindah ke wilayah kabupaten.

Seperti hal nya di kota besar, wilayah kabupaten juga memiliki fasilitas pendidikan yang memadai. Mulai dari paud,TK,SD,SMP, SMA, hingga universitas tersedia untuk kebutuhan pendidikan anak-anak Anda.

Pusat Perbelanjaan

Tinggal di wilayah kabupaten bukan berarti Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan pokok. Pasalnya, terdapat pusat perbelanjaan yang cukup beragam.

Anda dan keluarga bisa pergi mengunjungi Mall terbaik dengan fasilitas yang lengkap. Wisata kuliner tentunya menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan.

Contohnya seperti kabupaten Tangerang yang memiliki sektor lifestyle terlengkap. Beberapa contohnya seperti mall Bintaro jaya, BSD junction, dan lain sebagainnya.

Pasar tradisional hingga pasar modern juga mudah dijangkau di wilayah kabupaten, dengan harga yang lebih terjangkau juga.

Dekat ke Pusat Industri

Anda masih berpikir sulit mendapatkan pekerjaan di wilayah kabupaten? Nyatanya, wilayah ini lebih dekat dengan beberapa pusat industri.

Beberapa wilayah kabupaten menjadi tempat berdirinya berbagai industri, karena lahan yang masih tersedia dengan cukup luas di sana.

Hal ini tentunya memberikan kesempatan baru kepada para pencari kerja, yang ingin bekerja dan tinggal di wilayah kabupaten.

Transportasi yang Mudah

Selain itu, beberapa kabupaten yang berada di wilayah Jakarta sudah memiliki akses transportasi yang mudah. Mulai dari bis, KRL, hingga LRT bisa mengantarkan Anda ke tujuan dengan lebih cepat.

Transportasi online yang marak saat ini, tentu juga bisa diakses dengan mudah di wilayah kabupaten. Anda bisa pergi ke suatu tempat atau memesan makanan dengan lebih cepat.

Keuntungan tinggal di daerah kabupaten ternyata cukup banyak. Bukan hanya dari segi biaya hidup yang lebih hemat, tetapi juga dari sisi investasi yang menguntungkan di masa depan.

Anda yang merencanakan untuk pindah ke wilayah kabupaten, sebaiknya jangan ragu-ragu. Dapatkan perumahan terbaik dengan lokasi yang strategis untuk kenyamanan Anda dan keluarga.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *