Kelebihan-Kekurangan-Perumahan-Cluster

Tahukah Anda apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan perumahan cluster? Meski banyak diminati, tipe hunian ini ternyata memiliki beberapa kelemahan yang bisa dipertimbangkan. Perumahan cluster menjadi salah satu alternatif hunian yang populer, sebagai tempat tinggal yang aman dan nyaman.

Perumahan seperti ini biasanya terletak di suatu area yang tertutup dengan akses yang cukup terbatas. Tidak heran, sistem keamanan perumahan cluster memang cukup tinggi. Selain itu, jenis hunian seperti ini juga menawarkan lingkungan yang lebih tenang dan nyaman untuk Anda. Masalah privasi dan jauh dari kebisingan adalah keuntungan tinggal di jenis hunian ini.

Namun, perumahan cluster juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa dipertimbangkan, sebelum Anda memilih jenis hunian. Berikut ini kelebihan dan kekurangan perumahan cluster:

Kelebihan Perumahan Cluster

Calon pembeli rumah sebaiknya mempertimbangkan antara kelebihan dan kekurangan perumahan cluster untuk preferensi mereka sendiri.

Dengan memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan dalam suatu hunian, Anda dapat mengambil keputusan pembelian rumah dengan tepat. Berikut kelebihan dari perumahan cluster:

1. Suasana yang Menenangkan

Tinggal di perumahan cluster bisa memberikan Anda suasana yang menenangkan. Hal ini terkait dengan sistem keamanan 24 jam dan tersedianya CCTV di setiap cluster. Bukan itu saja, sistem keamanan di perumahan seperti ini juga cukup ketat. Misalnya, jika ada tamu yang berkunjung, mereka akan diidentifikasi terlebih dahulu sebelum masuk ke gerbang.

Oleh karena itu, perumahan cluster ini sangat cocok untuk Anda yang ketika pulang memang benar-benar ingin istirahat tanpa ada gangguan apa pun.

2. Tempat Bermain Anak

Area perumahan cluster besar, biasanya juga menyediakan tempat bermain untuk anak yang aman dan nyaman. Anak-anak balita hingga usia sekolah dasar bisa bebas bermain di sekitar komplek, tanpa khawatir dan merasa terancam keselamatannya.

Jika tidak ingin anak-anak bermain di luar rumah, rumah cluster juga memiliki pagar dan halaman yang cukup luas untuk mereka bermain dengan nyaman dan aman.

3. Kesan Eksklusif

Kelebihan rumah cluster berikutnya adalah kesan mewah yang ditampilkan. Beberapa perumahan cluster besar seperti di kawasan Bintaro Jaya misalnya, tampak mewah dan eksklusif.

Hal ini didukung oleh lengkapnya fasilitas di Bintaro Jaya serta desain rumah yang mewah dan elegan, cocok untuk kalangan berkelas. Harga properti perumahan cluster juga tidak murah, dan memiliki segmentasi pasar menengah ke atas yang eksklusif.

4. Koneksi dengan Tetangga

Koneksi dengan tetangga di perumahan cluster adalah hal yang menjadi kelebihan tinggal di hunian seperti ini. Terlebih untuk perumahan cluster yang tidak memiliki pagar pembatas, antara rumah yang satu dengan rumah lainnya di bagian samping atau depannya.

Hal ini akan memudahkan interaksi bersama tetangga Anda. Di cap anti sosial rasanya mustahil terjadi,bila Anda rajin bertegur sapa dengan tetangga Anda.

5. Lengkapnya Fasilitas

Perumahan cluster umumnya dibangun di lokasi yang strategis dan dekat dengan sarana dan fasilitas yang dibutuhkan. Mulai dari sarana olahraga, sistem keamanan 24 jam, fasilitas pendidikan, kesehatan, hingga lifestyle yang akan mendukung gaya hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kekurangan Perumahan Cluster

Di samping beberapa kelebihan perumahan cluster di atas, terdapat beberapa kekurangan dari jenis hunian ini yang bisa dipertimbangkan, yaitu sebagai berikut:

1. Desain Rumah yang Monoton

Meskipun memiliki tampilan mewah dan eksklusif seperti beberapa perumahan di kawasan elite Jakarta, perumahan cluster sebenarnya memiliki desain yang monoton. Antara rumah kita dengan rumah tetangga, hampir memiliki desain yang sama dan tidak ada pembedanya sama sekali.

Bagi Anda yang sangat fokus dengan desain hunian, sepertinya perumahan cluster ini kurang cocok. Tetapi, jika memiliki budget berlebih, rumah cluster bisa Anda renovasi sendiri.

2. Akses yang Terbatas

Perumahan cluster terletak di lokasi yang strategis, bahkan berada di pusat kota. Namun, akses ke ruang public biasanya menjadi cukup terbatas. Hal yang paling sering ditemui adalah para penghuni perumahan cluster yang cukup sulit menemukan minimarket atau toko kecil untuk berbelanja.

Biasanya, letak minimarket dan toko-toko kecil terletak cukup jauh dari komplek. Mereka setidaknya harus berjalan atau berkendara terlebih dahulu.

Anda yang malas pergi kemana-mana, mungkin kurang cocok tinggal di perumahan cluster. Tapi, jika Anda suka effort untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan, maka tidak menjadi masalah.

3. Cenderung Sepi

Perumahan cluster memang didesain dengan privasi yang tinggi. Tidak heran, penghuni di sana cukup jarang menemukan ada tukang jualan bakso, batagor, atau makanan street food lainnya. Sistem keamanan yang tinggi, umumnya membatasi para pedagang kecil seperti ini. Biasanya pedagang hanya bisa menunggu di gerbang luar perumahan saja.

Suasana yang sepi ini mungkin cukup nyaman bagi Anda. Tapi, untuk memperoleh jajanan yang diinginkan, dibutuhkan effort untuk pergi keluar perumahan terlebih dahulu.

4. Harga Cukup Tinggi

Perumahan cluster memang bagus untuk investasi. Pasalnya, harga jual rumah-rumah di area ini cukup tinggi. Hal tersebut tentunya sesuai dengan fasilitas yang tersedia, kualitas bangunan, hingga lokasi tempat perumahan ini berada.

Contoh saja seperti harga rumah di Bintaro yang terbilang tinggi, mengingat fasilitas dan saranan yang tersedia sangat lengkap di kawasan elite ini.

5. Ada Biaya Tambahan

Kekurangan perumahan cluster berikutnya adalah para penghuni yang harus membayar biaya tambahan. Biasanya biaya yang harus dikeluarkan adalah untuk fasilitas keamanan terbaik. Selain itu, biaya sampah, biaya keperluan masjid di area perumahan cluster mungkin akan menjadi biaya tambahan jika tinggal di jenis perumahan seperti ini.

Beli Rumah Cluster di Agen Properti

Apakah Anda tertarik untuk menemukan rumah idaman dari perumahan cluster ideal di kota Tangerang, Bogor, Depok, hingga Jakarta? Epicfortuna sebagai agen properti terbaik di wilayah tersebut, siap membantu Anda menemukan rumah cluster dengan harga terbaik dan lokasi yang strategis.

Kami akan memandu Anda dalam menemukan perumahan cluster yang diinginkan. Pengecekan dan inspeksi rumah juga akan kami bantu, sehingga Anda benar-benar yakin dalam memilih hunian.

Hubungi epicfortuna sekarang, untuk mendapatkan penawaran terbaru serta konsultasi gratis mengenai perumahan cluster yang sesuai kebutuhan Anda.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *