Ciri-Developer-Rumah-Nakal

Anda hendak membeli rumah untuk pertama kalinya? Pastikan sudah tahu tentang ciri-ciri developer nakal yang bisa merugikan kapan saja. Lalu bagaimana menghindarinya? Developer perumahan memiliki peranan penting dalam membangun lingkungan hunian yang aman dan berkualitas, bagi masyarakat yang menghuninya.

Namun, industri properti seperti ini juga tidak luput dari segolongan pihak yang kurang bertanggung jawab dan nakal.

Oleh sebab itu, mengenali ciri-ciri developer nakal sangat penting bagi para calon pembeli rumah untuk pertama kalinya. Pasalnya Anda akan mengeluarkan sejumlah uang untuk transaksi seperti ini.

Cukup mudah mengenali developer rumah yang abal-abal, mulai dari regulasi yang longgar, dokumen yang tidak lengkap, penyelewengan dana, serta kurangnya transparansi dari pihak perusahaan tersebut. Agar bisa terhindar dari tipu daya para developer nakal ini, bagaimana cara kita mengenali ciri-cirinya? Berikut ulasan selengkapnya:

Ciri-Ciri Developer Nakal

Mungkin Anda pernah melihat sebuah iklan perumahan di kawasan elite, konsep rumah minimalis modern, rumahnya open space, dengan spesifikasi serba IKEA dari sosial media. Namun, setelah Anda mencari tahu PT perusahaan developer terkait di internet, Anda malah tidak menemukan data apa pun tentang perusahaan properti ini dan proyek-proyeknya.

Jika seperti ini, bisa jadi perusahaan properti ini adalah ciri-ciri developer nakal, yang sebaiknya segera dihindari. Selain itu, ciri-ciri lainnya yang harus diwaspadai sebagai berikut:

Developer dengan Track Record yang Buruk

Ketika hendak membeli rumah secara cash atau kredit untuk pertama kalinya, Anda disarankan untuk mengetahui seperti apa track record dari developer yang menyediakan rumah tersebut.

Caranya adalah dengan bertanya kepada pihak developernya langsung, tentang proyek apa saja yang pernah ditangani dan apakah proyeknya selalu berjalan dengan baik tanpa kendala.

Anda juga bisa melakukan riset sendiri, dengan mencari data proyeknya dari internet. Jika menemukan ada proyek yang pernah bermasalah, sebaiknya tidak buru-buru memilih developer tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan nama perusahaan developer terkait. Ciri-ciri developer nakal salah satunya adalah punya nama PT, tetapi tidak ditemukan di internet.

Iklan yang dibuat pihak developer nakal juga cukup menggiurkan. Transaksi keuangan juga dilakukan melalui rekening pribadi. Anda sebaiknya berhati-hati jika menemukan yang seperti ini.

Penjualan Rumah Masih Indent

Pernah mendengar istilah rumah indent? Artinya rumah-rumah ini dibangun karena adanya pemesanan atau permintaan terlebih dahulu.

Hal tersebut wajar dilakukan para pengembang perumahan. Namun, jika ini merupakan pembelian rumah pertama Anda, sebaiknya berhati-hati jika ada promo rumah indent seperti ini dari pihak developer.

Anda belum melihat seperti apa pembangunan rumahnya, tapi bisa jadi sudah dimintai uang pembayaran muka dan down payment.

Bukan berarti tidak boleh membeli rumah indent, tetapi salah satu ciri-ciri developer nakal biasanya menjual rumah indent.  Terkecuali, untuk developer yang kredibel dan sudah terkenal ya.

Waktu Serah Terima Terlalu Lama

Ciri-ciri lainnya dari developer nakal adalah memberikan waktu serah terima ( akad kredit ) yang terlalu lama dan berbelit-belit.  Alasan yang biasanya sering diutarakan dari pihak developer nakal ini adalah sedang melakukan pecah sertifikat.

Jika Anda baru saja ingin membeli rumah pertama kali, sebaiknya langsung mencari tahu dengan detail tentang siapa developer yang menawarkan rumah indent tersebut. Jangan terbuai dengan konsep rumah minimalis modern atau rumah open space kekinian yang mereka tawarkan.

Developer bodong juga biasanya sengaja tidak memasukkan jangka waktu penyelesaian rumah, menjadi salah satu pasal dalam perjanjian jual beli rumah.  Lain hal nya ketika ada jangka waktu penyelesaian dengan jelas, Anda bisa melakukan pengecekan langsung ke lokasi pembangunan rumah indent tersebut.

Jadilah pembeli rumah yang teliti dan cermat, karena jika sudah pada tahap serah terima, rumah tersebut akan menjadi milik Anda, walau ternyata tidak sesuai keinginan.

Perjanjian Jual Beli Tidak Jelas

Seperti telah disebutkan tadi, bahwa perjanjian jual beli antara pihak developer dengan pembeli rumah itu sangat penting.  Maka dari itu, Anda sebagai pembeli rumah harus mengetahui dan memperhatikan isi dari perjanjian jual beli tersebut dari developer yang dipilih.

Dokumen penting ini juga berisi pasal-pasal yang tentunya dapat memberikan perlindungan kepada Anda sebagai pihak pembeli rumah.

Dokumen ini juga memuat tentang jangka waktu penyelesaian pembangunan rumah atau apartemen, serta apa saja yang menjadi kewajiban developer bersangkutan.

Ada DP Sebelum Perjanjian Jual Beli

Poin berikutnya tentang ciri-ciri developer nakal, dan mungkin paling sering terjadi adalah adanya permintaan untuk membayar uang muka sebelum ada perjanjian jual beli.  Hindari melakukan pembayaran , meskipun jumlahnya kecil, selama Anda belum merasa menerima dokumen perjanjian jual beli dari pihak developer.

Jika terlambat, kemungkinan besar uang yang sudah dibayarkan dalam bentuk uang muka tidak akan kembali lagi pada Anda.

Tidak Terdaftar di SIRENG

Ini merupakan cara paling cepat yang bisa Anda lakukan, ketika ingin mengecek kredibilitas dan legalitas dari developer yang telah dipilih.  Anda bisa mengeceknya langsung secara online melalui SIRENG (Sistem Informasi Registrasi Pengembang).

Cukup masukan nama perusahaan PT dari pengembang yang ingin Anda pilih. Jika terdaftar, nama perusahaannya akan muncul di layar bersama keterangan asosiasinya.

Developer nakal biasanya belum terdaftar di situs ini. Lakukan pengecekan dengan cukup mudah, melalui laptop atau smartphone Anda.

Beli Rumah Aman Lewat Agen Properti Terpercaya

Jika Anda ingin terhindar dari developer rumah nakal dan menjaga investasi properti agar tetap aman, beli rumah lewat jasa agen properti terpercaya.

Epicfortuna adalah jasa agen properti terpercaya untuk wilayah Tangerang, Bogor, Depok, dan Jakarta, siap membantu Anda menemukan perumahan terbaik dari developer resmi. Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada developer rumah yang diinginkan, jika dirasa masih ragu mengenai portofolio proyek yang pernah dikerjakan.

Tim dari epicfortuna akan mendampingi Anda secara langsung, untuk melihat dan menginspeksi properti yang telah Anda pilih. Kami juga sudah bekerja sama dengan developer dengan proyek properti terbaik seperti Bintaro Jaya, Kemang Village, hingga BSD City.

Tunggu apa lagi, segera hubungi epicfortuna dan konsultasikan kebutuhan rumah yang sesuai keinginan Anda dengan kami sekarang!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *