Kawasan-Elite-di-Jakarta

Perumahan elite merupakan kawasan perumahan yang ditujukan untuk kalangan tertentu dengan standar hidup yang lebih tinggi. Perumahan ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas dan layanan yang lengkap serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Menurut data yang dirilis oleh Rumah.com pada tahun 2021, harga per meter persegi perumahan elite di Jakarta berkisar antara Rp50 juta hingga Rp100 juta.

Selain itu, perumahan elite juga biasanya memiliki desain arsitektur yang mewah dan estetis serta dikelilingi oleh lingkungan yang asri dan hijau. Hal ini menjadikan perumahan elite sebagai tempat tinggal yang nyaman dan menenangkan.

Namun, meskipun memiliki segudang keuntungan, perumahan elite juga memiliki beberapa permasalahan seperti masalah kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan banjir. Oleh karena itu, perlu adanya kolaborasi antara pengembang perumahan dan pemerintah untuk memastikan kawasan perumahan elite tetap nyaman dan aman untuk dihuni.

Selain digunakan sebagai tempat tinggal, rumah juga kerap dipilih sebagai instrumen investasi jangka panjang. Terlebih di Jakarta, ada sejumlah kawasan perumahan elite yang harga jual rumahnya selalu naik setiap tahun. Didorong nilai prestise dan potensi keuntungan ini, maka tak heran jika rumah di kawasan tersebut menjadi incaran masyarakat ibu kota.

Tak hanya menawarkan ragam tipe rumah dengan desain modern, developer kawasan perumahan elite ini pun berbondong-bondong menyediakan sarana dan prasarana pendukung seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, hingga pusat kuliner yang lengkap.

Bagi Anda yang sedang mencari rumah baru baik sebagai tempat tinggal maupun instrumen investasi, baiknya menyimak terlebih dahulu rekomendasi 5 perumahan elite di Jakarta dalam artikel ini, ya!

1. Kemang, Jakarta Selatan

Nama Kemang sudah familiar menjadi salah satu kawasan perumahan elite dengan harga properti yang fantastis. Kemang berada di antara dua kawasan yang strategis, yakni kecamatan Mampang Prapatan dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Selain ragam tipe hunian mewah dan elite, kawasan ini juga memiliki pusat hiburan seperti kafe, restoran, hingga klub malam. Harga lahan di kawasan ini mulai dari Rp 30 juta per meter persegi. Sedangkan jenis huniannya memiliki harga fantastis, yakni dibanderol mulai Rp 12 hingga Rp 72 miliar.

Meskipun kawasan ini kerap dilanda banjir, namun permintaan properti di Kemang tetap tinggi setiap tahunnya.

2. Pondok Indah, Jakarta Selatan

Satu lagi perumahan elite di kawasan Jakarta Selatan, yakni kawasan Pondok Indah yang berada di Pondok Pinang, Kebayoran Lama. Perumahaan yang dibangun sejak tahun 1970-an ini dikenal dengan ragam tipe hunian mewah yang dikelilingi dengan pusat pembelanjaan. Salah satu yang menjadi favorit dan ramai pengunjung ialah Pondok Indah Mall.

Kisaran harga tanah di kawasan elite Pondok Indah mulai dari Rp 40 hingga Rp 60 juta meter per persegi. Sedangkan ragam tipe rumah dijual mulai dari Rp 6 hingga Rp 200 miliar.

3. Kelapa Gading, Jakarta Utara

Kalau Anda ingin menjadi perumahan elite di Jakarta Utara, kawasan Kelapa Gading solusinya. Salah satu kelebihan dari perumahan elit di Kelapa Gading adalah lokasinya yang strategis. Kawasan ini berada dekat dengan beberapa tempat penting di Jakarta Utara, seperti Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu, Kelapa Gading juga dekat dengan berbagai pusat pembelanjaan, restoran, dan fasilitas kesehatan.

Kelapa Gading menawarkan berbagai tipe rumah yang mewah, nyaman, dan cocok untuk keluarga. Selain itu, kawasan elit Kelapa Gading juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, gym, dan taman yang bisa digunakan untuk berolahraga dan bersantai.

Kawasan ini juga terkenal dengan berbagai sekolah internasional yang bereputasi baik, di antaranya North Jakarta International School, Gandhi Memorial International School, dan Sekolah Lentera Kasih.

Maka tak heran apabila kawasan ini masih menjadi primadona untuk tempat tinggal maupun investasi. Harga rumah di Kelapa Gading dijual mulai dari Rp 4 hingga Rp 50-an miliar tergantung tipe dan luasan rumah.

4. Menteng, Jakarta Pusat

Menteng merupakan salah satu kawasan perumahan elite di Jakarta Pusat. Kawasan ini dikenal eksklusif dan strategis dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, Menteng juga dikenal sebagai kawasan dengan lingkungan tinggal yang tenang dan damai.

Terdapat ragam tipe rumah dan apartemen yang ditawarkan. Selain itu, perumahan di Menteng juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, taman, dan tempat parkir yang nyaman.

Kawasan Menteng juga terkenal sebagai kawasan yang banyak dihuni pejabat, tokoh nasional dan artis. Sebut saja mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Achmad Soebardjo, hingga artis Dian Sastrowardoyo dan pengusaha Ardie Bakri.

Tanah di Menteng juga dikenal sebagai salah satu harga tanah paling mahal se-Indonesia, yakni berkisar antara Rp 70 hingga Rp 120 juta meter per perseginya. Tak heran apabila kawasan ini menjadi primadona dan kerap diincar sebagai instrumen investasi jangka panjang.

5. Bintaro

Properti di kawasan Bintaro masih menjadi kawasan perumahan elite di Jakarta dan primadona investasi. Dalam salah satu survei, sebanyak 91 ribu orang melakukan pencarian properti di kawasan Bintaro pada tahun 2023 saja. Bintaro sendiri merupakan kawasan perumahan modern yang terletak di antara Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan. Kawasan ini dikenal dengan desain perumahannya yang inovatif dan modern, serta fasilitas pendukung yang lengkap.

Kawasan Bintaro didirikan di atas lahan seluas 2000 hektar dengan 9 sektor hunian: 2 berada di wilayah Jakarta Selatan dan 7 sektor di Tangerang Selatan. Selain desain rumah yang menarik, kelebihan Bintaro lainnya adalah kemudahan akses dan transportasi publik.

Untuk menuju ke sana, misalnya, bisa melalui Tol Serpong – Cinere dan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran. Akses menuju Bandara International Soekarno-Hatta pun sangat mudah.

Bintaro juga dikenal sebagai kawasan elite yang banyak dihuni sultan. Tak usah heran jika melihat rumah-rumah bak istana berjejer di kawasan ini. Salah satunya adalah rumah artis Andre Taulany yang sering dijuluki Sultan Bintaro.

Investasi Perumahan Elite di Jakarta

Kenaikan nilai dari suatu properti setiap tahunnya dan risiko yang tergolong kecil membuat investasi di bidang properti cocok untuk jangka panjang.  Meski begitu, masing-masing properti memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing.

Pastikan properti yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, utamanya agar tidak membebani keuangan Anda.

Misalnya saja, saat Anda memutuskan membeli rumah di kawasan Bintaro Jaya dengan mekanisme KPR, pilihlah jenis bunga (floating rate atau fixed rate) yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, pastikan pula terkait surat-surat dan legalitas properti tersebut.

Bagi Anda yang tertarik memiliki impian rumah di Bintaro namun masih khawatir dan bingung untuk menyesuaikan dengan kemampuan, Anda sudah ada di tempat yang tepat.

Hubungi epicfortuna.com di sini dan wujudkan impian Anda sekarang juga.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *