Tips-Beli-Rumah-Pertama

Anda wajib tahu tips membeli rumah pertama kalinya, agar lebih memahami pencarian lokasi, keuangan, hingga langkah-langkah penting saat hendak memiliki rumah, seperti berikut ini. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli rumah pertama kalinya, baik secara tunai atau kredit rumah dengan membayar bunga KPR, sebaiknya jangan terburu-buru.

Ada beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu, agar Anda mendapatkan rumah impian yang terbaik dan sesuai harapan. Selain itu, Anda juga harus mengikuti langkah-langkah yang bisa membantu mempermudah pengambilan keputusan saat membeli rumah pertama kali. Selengkapnya berikut ini:

Tips Membeli Rumah Pertama

Beli rumah untuk pertama kalinya akan cukup menantang. Sebab, Anda harus siap dalam hal energi serta keuangan yang memadai.

Selain itu, Anda juga wajib mencari informasi seputar beli rumah pertama agar tidak mengalami hal-hal yang malah membuat bingung di tengah jalan nantinya. Berikut ini tips membeli rumah pertama kali:

1. Meninjau Kondisi Keuangan

Tips membeli rumah pertama adalah meninjau kondisi keuangan Anda dengan lebih cermat. Pertimbangkan mulai dari pendapatan, pengeluaran, hingga tabungan yang dimiliki.

Jika Anda memiliki kredit, maka pastikan skor kredit tersebut masih di batas aman. Hal tersebut biasanya dapat mempengaruhi dalam transaksi keuangan lainnya dengan pihak Bank.

2. Cek Harga Pasaran Rumah

Ingin beli rumah pertama kalinya, tapi belum tahu berapa harga pasaran rumah yang akan dibeli? Untuk itu, Anda perlu melakukan riset mengenai harga pasaran rumah yang diinginkan.

Cek juga NJOP dari rumah tersebut, dengan cara melihatnya langsung melalui situs BPN ( Badan Pertanahan Nasional ) dengan cukup mudah.

3. Bertanya Pada Agen Properti

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan riset harga pasar properti sendiri, mintalah bantuan kepada jasa agen properti terpercaya.

Agen properti tentu mengetahui mengenai kondisi pasar properti saat ini di wilayah yang mereka pegang.

4. Tentukan Anggaran

Selesai meninjau keuangan Anda, saatnya untuk menentukan anggaran pembelian rumah pertama Anda. Caranya adalah dengan menghitung berapa cicilan per bulannya jika memilih KPR rumah.

Selain itu, hitung juga kebutuhan asuransi dan pajak properti yang akan dibebankan. Pertimbangkan juga biaya pemeliharaan rumah, utilitas, serta biaya kebutuhan lain terkait rumah tersebut.

5. Mencari Lokasi yang Tepat

Tips beli rumah pertama kalinya sebisa mungkin harus menemukan rumah dengan lokasi yang tepat. Beberapa hal seperti akses transportasi, fasilitas umum, pendidikan, kesehatan harus dipertimbangkan.

Pastikan Anda memilih rumah pertama di lokasi yang semua fasilitasnya mendukung gaya hidup Anda. Pertimbangkan juga potensi nilai properti di masa depan jika berada di lokasi tersebut.

6. Menentukan Tipe Rumah

Setelah memilih lokasi rumah yang sesuai keinginan, saatnya menentukan tipe rumah yang diinginkan. Beberapa rumah di kawasan elite Jakarta selalu jadi favorit banyak orang.

Beberapa tipe rumah di kawasan BSD City juga bervariasi, tergantung dari lokasi dan fasilitas yang tersedia.

7. Lakukan Inspeksi Rumah

Jika sudah mendapatkan properti yang diinginkan, saatnya melakukan inspeksi rumah. Masih bersama jasa agen properti, mereka akan membantu menginspeksi rumah tersebut.

Pihak jasa agen properti akan membantu Anda mengevaluasi kondisi structural, pipa air, instalasi listrik, dan lain lain.

8. Menyiapkan Dokumen Lengkap

Jika Anda memutuskan untuk beli rumah pertama melalui KPR dengan kewajiban bayar bunga KPR, maka siapkan semua dokumen yang diperlukan sebagai syarat pengajuannya.

KTP, Slip gaji, keterangan bekerja, neraca usaha, hingga kartu keluarga biasanya akan diminta sebagai syarat KPR rumah bagi karyawan atau pengusaha.

Jika ingin membeli rumah secara cash, biasanya dapat dilakukan dengan menemui pihak developer terkait atau minta bantuan pada jasa agen properti terpercaya.

9. Menyiapkan Dana Perabotan Rumah

Anda pasti sudah tidak sabar untuk mengisi rumah pertama dengan berbagai perabotan cantik yang modern, seperti yang sering Anda lihat di reels Instagram.

Hitunglah berapa dana yang akan dikeluarkan untuk membeli perabotan tersebut. Tidak perlu semua perabotan dibeli, lakukan pembelian secara bertahap terlebih dahulu.

10. Rumah Bersih dari Hama

Penting sekali untuk memastikan bahwa rumah pertama yang Anda beli ini sudah terbebas dari hama atau serangga.

Memang cukup sulit untuk menghindarinya, tetapi lokasi rumah yang bersih tentu akan menghindarkan rumah-rumah disekitarnya dari hama seperti tikus, kecoa, dan cacing misalnya.

11. Pertimbangkan Asuransi Rumah

Saat membeli rumah pertama, pertimbangkan untuk mendapatkan asuransi rumah. Asuransi ini tentu akan melindungi aset properti Anda dari kerusakan atau bencana alam.

Biaya Beli Rumah Pertama

Saat hendak beli rumah pertama, setidaknya ada 3 jenis biaya yang harus dikeluarkan. Yang pertama adalah uang bukti tanda jadi atau booking fee, lalu uang muka atau DP. Uang tanda jadi dan DP biasanya dilakukan di tahap awal pembelian sebelum melakukan akad kredit, jika Anda membeli rumah secara kredit.

Uang muka atau down payment, biasanya dibebankan sebesar 20% hingga 50% tergantung pihak bank yang menyediakan fasilitas pembayaran cicilan kredit rumah. Pastikan Anda membayar uang DP, setelah akad kredit disetujui oleh pihak Bank yang Anda pilih. Setelah itu pembayaran uang muka baru bisa dilakukan.

Langkah terakhir adalah akad kredit yang menandakan semua syarat biaya beli rumah pertama tadi sudah dipenuhi. Angsuran cicilan rumah juga sudah mulai bisa dibayarkan dengan tenor waktu yang Anda pilih sebelumnya.

Jika cicilan sudah selesai, Anda wajib meminta bukti tanda lunas dan mengambil sertifikat hak milik yang menjadi hak Anda atas kepemilikan rumah tersebut.

Beli Rumah Pertama lewat Jasa Agen Properti

Anda sudah memutuskan untuk beli rumah pertama yang sempurna dan sesuai dengan life style Anda, kami Epicfortuna sebagai agen properti terpercaya siap membantu mewujudkan mimpi tersebut.

Epicfortuna akan memandu Anda saat mengambil langkah pertama untuk kepemilikan rumah impian. Kami memiliki pengetahuan yang luas tentang harga pasaran properti yang sesuai kebutuhan Anda.

Kami akan memberikan informasi yang jelas dan transparan, menjawab semua pertanyaan seputar properti yang diinginkan, bahkan siap membantu saat melakukan inspeksi rumah yang diinginkan.

Tak perlu menunggu lagi, hubungi dan konsultasikan bersama epicfortuna dan dapatkan tips beli rumah pertama yang memudahkan Anda dalam pengambilan keputusan untuk beli rumah.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *