Developer-Properti-Terbaik

Ada banyak sekali developer atau pengembang perumahan di kawasan Jakarta. Setiap developer tentu mempunyai masterplan masing-masing dalam mengembangkan kawasan perumahannya. Ada yang memberi poin lebih pada desain rumah yang minimalis, modern, maupun bergaya klasik, ataupun akses dan sarana serta prasarana pendukung yang memberikan nilai tambah di kawasannya.

Dalam dunia properti, sedikit banyak reputasi dan track record suatu developer turut menentukan nilai investasi properti di pasaran. Untuk itulah pembeli atau investor wajib mengetahui rekam jejak developer sebelum memutuskan membeli rumah. Selain itu, tak jarang juga ada oknum developer nakal yang tidak menuntaskan kewajibannya kepada pembeli.

Artikel ini akan membahas secara lengkap pengertian developer dan rekomendasi 5 developer rumah terbaik di kawasan Jakarta.

Pengertian Developer

Developer merupakan perusahaan yang mengembangkan tanah menjadi kawasan perumahan siap huni. Secara sederhana, tugas developer mulai dari merancang, membangun, hingga memasarkan properti kepada pembeli.

Berdasarkan jenis pengerjaannya, developer perumahan dibagi menjadi dua, yakni:

1. Developer Umum

Developer umum merupakan perusahaan swasta yang mengembangkan kawasan menjadi perumahan komersial (non-subsidi). Karena tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah, maka harga rumah di kawasan ini cenderung lebih mahal dibandingkan perumahan subsidi.

2. Developer Rumah Subsidi

Developer rumah subsidi merupakan perusahaan yang bertugas membangun proyek rumah subsidi (non-komersial) milik pemerintah. Rumah di kawasan ini bersifat non-komersil atau tidak diperjual-belikan secara bebas. Melainkan hanya kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang memenuhi persyaratan.

Rekomendasi Developer Terbaik di Jakarta

1. Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia. Dikenal karena inovasi dan kualitasnya yang tinggi, perusahaan ini telah membangun ragam proyek ikonik di berbagai daerah di Indonesia.

Sinar Mas Land didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja pada tahun 1986 sebagai anak perusahaan Sinar Mas Group dengan visi untuk menciptakan kawasan hunian yang mendukung lingkungan, energi berkelanjutan, teknologi terbaru dan penggunaan bahan bangunan yang berkualitas tinggi.

Sinar Mas Land telah membangun beberapa proyek ikonik di Indonesia, seperti BSD City, Kota Deltamas, dan Plaza Indonesia.

2. Lippo Karawaci

Nama Lippo Karawaci sudah terkenal sebagai salah satu pengembang perumahan terbaik di Indonesia. Tak hanya kawasan perumahan, developer ini juga mengembangkan berbagai proyek properti di Jakarta dan sekitarnya, termasuk apartemen dan pusat perbelanjaan.

Lippo Karawaci didirikan oleh Lie Moe Tie atau Mochtar Riady pada tahun 1990 sebagai perusahaan properti terpadu yang terdiri dari pengembangan properti, manajemen aset, dan investasi properti. Dalam hal perumahan, Lippo dikenal sebagai developer yang berkomitmen mengembangkan kota mandiri yang ramah lingkungan.

Proyek yang telah dibangun Lippo Karawaci di antaranya Kemang Village, Lippo Village, Lippo Mall, dan St. Moritz, Puri Indah, Jakarta Barat.

3. Ciputra Development

Ciputra Development merupakan unit perusahaan dalam Ciputra Group yang didirikan oleh Ir. Ciputra pada 1981. Hingga saat ini, Ciputra Development telah mengembangkan lebih dari 76 proyek di seluruh Indonesia. Mulai dari kawasan perumahan, pusat perkantoran, pusat belanja, fasilitas hiburan, hingga kesehatan dan pendidikan.

Perusahaan dengan moto Membangun Kota, Membangun Kehidupan ini pada mulanya bernama Citra Habitat Indonesia sebelum berubah pada 1990. Proyek yang dikembangkan pertama kali adalah kawasan hunian Citra Garden City pada 1984. Kawasan township yang dilengkapi berbagai fasilitas umum ini kemudian melambungkan nama Ciputra Development hingga menjadi salah satu developer terbesar di Indonesia.

Proyek yang telah dibangun Ciputra Development di antaranya Citra Garden City, Citra Lake Suites, dan Ciputra World.

4. Agung Podomoro Land

Agung Podomoro Land merupakan salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia dengan pertumbuhan yang menjanjikan. Pada 2022 saja, Agung Podomoro mencatat penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp 8,66 triliun atau naik 103, 29 persen secara year on year (YoY).

Perusahaan Agung Podomoro Land (APL) didirikan oleh Anton Haliman pada 1969 dengan nama Agung Podomoro Group sebelum berubah pada 2010. Proyek perumahan yang dikembangkan pertama kali adalah kawasan hunian Simprug, Jakarta Selatan dan Sunter, Jakarta Utara pada 1973.

Selain kawasan hunian, APL juga menjadi salah satu pioner dalam tren pembangunan hunian vertikal (apartemen).  Salah satu awasan apartemen yang dibangun mula-mula adalah Apartemen Eksekutif Menteng pada 1995.

Proyek besar yang telah dibangun di antaranya Podomoro City, Central Park, dan West Vista.

5. Jaya Real Property

PT. Jaya Real Property merupakan salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia yang berpengalaman lebih dari 50 tahun di bidang pembangunan properti. Dirikan pada 1979, Jaya Real Proyerti telah mengembangkan salah satu kawasan perumahaan favorit di Jakarta Selatan, yakni Bintaro Jaya.

Selain kerap diincar sebagai hunian favorit, properti di Bintaro Jaya juga menjadi pilihan investasi jangka panjang yang menjanjikan. Hal ini karena lokasi Bintaro Jaya yang membentang antara Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan tergolong cukup strategis.

Kawasan Bintaro mencakup area seluas 2000 hektar dengan 9 sektor hunian: 2 berada di wilayah Jakarta Selatan dan 7 sektor di Tangerang Selatan. Salah satu cluster yang populer dan banyak diburu adalah cluster bergaya mewah dan minimalis Dharmawangsa Home bertipe 10 dan 12.

Maka tak heran jika banyak artis, tokoh nasional, dan pejabat pemerintahan yang memilih hunian di kawasan Bintaro Jaya.

Selain Bintaro Jaya, properti yang telah dikembangkan Jaya Real Property di antaranya Kota Baru Parahyangan, Plaza Semanggi, dan Menara Jaya.

Itulah pengertian developer dan rekomendasi 5 developer terbaik di Jakarta dengan karakteristik, keunikan, dan kelebihannya masing-masing. Pastikan Anda memahami rekam jejak developer sebelum membeli properti di kawasan tersebut.

Bagi Anda yang ingin memiliki hunian impian di kawasan Bintaro Jaya, hubungi epicfortuna.com di sini dan dapatkan hunian sesuai impian dan kebutuhan Anda sekarang juga!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *