Keuntungan-Beli-Rumah-Cash

Anda punya uang tunai yang banyak dan dialokasikan untuk beli rumah cash? Berikut tips nya agar menguntungkan. Membeli rumah secara tunai merupakan pilihan yang menarik bagi banyak orang yang ingin memiliki rumah impian.

Dengan membeli rumah secara cash, maka Anda tidak lagi dibebani hutang bunga KPR rumah, dan memiliki kendali yang penuh atas aset properti tersebut. Meskipun begitu, membeli rumah dengan cara tunai sebaiknya memperhatikan beberapa aspek penting agar bisa memberikan keuntungan bagi Anda di masa depan.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan berupa tips lengkap tentang bagaimana cara membeli rumah cash yang menguntungkan. Berikut ulasannya:

Tips Beli Rumah Cash

Bagi Anda yang merasa nyaman untuk membeli rumah tanpa bunga KPR,  membelinya secara cash akan lebih mudah dan cepat. Tetapi, pastikan dulu bahwa Anda sudah menjalankan beberapa tips di bawah ini, agar tidak merasa rugi saat benar-benar membelinya nanti. Berikut tips beli rumah cash yang menguntungkan:

1. Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum membeli rumah cash, sangat penting untuk menentukan apa yang menjadi tujuan investasi Anda. Anda bisa bertanya kepada diri sendiri, apakah rumah tersebut suatu saat akan disewakan, agar bisa mendapatkan pasif income?

Jika memang tujuannya seperti itu, maka carilah lokasi yang potensial dan strategis. Rumah yang dekat dengan pasar, mall, kampus, fasilitas umum, sepertinya cocok untuk tujuan ini. Dengan menentukan tujuan investasinya, maka akan menuntun Anda dalam memilih rumah yang tepat serta dapat mengoptimalkan keuntungan Anda dalam investasi.

2. Buat Rencana Keuangan

Membuat rencana keuangan harus dilakukan untuk berbagai hal, termasuk ketika ingin membeli rumah secara tunai. Buatlah rencana keuangan yang matang, dengan meninjau kembali posisi keuangan Anda saat ini. Tentukan berapa jumlah yang akan disisihkan untuk membeli rumah saja.

Usahakan, alokasi tersebut tidak dicampur dengan kebutuhan keuangan lainnya. Jangan lupa juga untung menghitung biaya tambahan yang akan dibebankan saat beli rumah cash. Biaya notaris, biaya peralihan kepemilikan, hingga biaya perbaikan yang akan ditagihkan kepada Anda saat akan beli rumah cash.

3. Properti dengan Harga Kompetitif

Beli rumah cash terkadang harus membuat kita benar-benar cermat ketika memilih harga properti yang diinginkan. Harga rumah yang kompetitif pastinya akan dicari. Anda dapat melakukan riset pasar tentang harga properti rumah yang memang sesuai keinginan dan budget Anda.

Setelah itu, Anda boleh membandingkan harga rumah-rumah sejenis yang berada di lokasi yang sudah dipilih. Jika memungkinkan, lakukan negosiasi harga dengan pihak penjual atau agen properti, agar Anda mendapatkan penawaran terbaik.

4. Periksa Kondisi Rumah

Tips beli rumah cash berikutnya adalah memeriksa dan mengecek seluruh kondisi rumah yang hendak Anda beli. Periksa keseluruhan rumah dengan cukup teliti. Jika perlu, Anda bisa meminta bantuan pihak agen properti yang profesional, untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap struktur bangunan, instalasi listrik, dan sistem plumbing.

Masalah kebocoran atau kerusakan structural lainnya yang bisa diperbaiki atau tidak, juga harus di cek secara detail, agar tidak merepotkan Anda saat beli rumah cash nanti.

5. Pertimbangkan Lokasi Properti

Yang menjadi faktor kunci dalam membeli rumah cash yang menguntungkan adalah menentukan lokasi properti tersebut berada. Lokasi rumah juga dapat menentukan nilai dan daya tarik bangunan rumah itu sendiri di mata orang yang melihatnya.

Perhatikan juga bagaimana aksesibilitas menuju fasilitas umum terdekat, transportasi, hingga lingkungan sekitar properti tersebut. Oleh karena itu, memilih lokasi yang potensial, dapat meningkatkan nilai propertinya di masa depan dan meningkatkan investasi yang menguntungkan di kemudian hari.

Salah satu lokasi yang strategis adalah di Bintaro Jaya. Apabila Anda membeli rumah cash di sini, tidak perlu khawatir masalah aksesibilitasnya.

6. Jangan Lupakan Asuransi Rumah

Meskipun membeli rumah secara cash, tapi Anda jangan lupa untuk membeli asuransi rumah yang memadai.

Melalui asuransi, aset Anda yang berupa rumah tinggal ini menjadi terlindungi dan terhindar dari risiko yang tak terduga. Risiko tersebut seperti kebakaran, bencana alam, hingga pencurian.

Pastikan Anda memilih polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pahami setiap ketentuan polis asuransi tersebut dengan baik.

Kekurangan Beli Rumah Cash

Di samping membeli rumah cash itu bisa menjadi pilihan yang menarik, ternyata tetap memiliki kelemahan yang perlu dipertimbangkan.

Berikut ini beberapa kelemahan dari beli rumah cash yang harus dipertimbangkan dengan baik sebelum membeli rumah secara tunai:

1. Mengurangi Likuiditas

Membeli rumah secara cash berarti akan menghabiskan banyak uang tunai Anda. Hal ini tentu dapat mengurangi likuiditas. Dalam waktu tersebut, Anda bisa kekurangan dana tunai, terlebih jika ada kebutuhan yang mendesak atau untuk keperluan investasi lainnya.

Tetapi, hal tersebut bukan masalah besar, jika Anda memiliki cadangan dana yang cukup, setelah membeli rumah secara tunai.

2. Kehilangan Kesempatan Investasi Lain

Ketika semua uang tunai sudah dikeluarkan untuk beli rumah cash, itu berarti Anda juga kehilangan kesempatan untuk menggunakan uang tersebut sebagai alternatif investasi lainnya.

Jenis investasi yang lebih cepat dan menguntungkan sebenarnya bisa Anda pilih untuk jangka panjang. Bila ada investasi menarik, mungkin akan terlewat begitu saja karena kekurangan dana tunai.

3. Properti Sulit untuk Dijual

Ini menjadi salah satu hal yang juga harus dipertimbangkan, ketika Anda hendak membeli aset rumah secara tunai. Jika kondisi keuangan Anda berubah di masa depan, maka untuk mendapatkan uang tunai kembali dari aset rumah akan lebih sulit.

Menjual rumah agar mendapatkan uang tunai kembali, akan cukup sulit. Meskipun begitu, agen properti akan selalu siap menolong Anda menemukan properti terbaik.

4. Kerugian Keamanan

Beli rumah cash saat ini, berarti tidak memiliki perlindungan dari pihak bank atau lembaga keuangan terhadap risiko seperti kehilangan kerja hingga keadaan darurat.

Beli Rumah di Agen Properti Terbaik

Anda sedang mencari jasa agen properti profesional yang dapat membantu pembelian properti terbaik bagi anda? Epicfortuna siap menjadi mitra terbaik Anda. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi Anda.

Tim agen properti kami yang berdedikasi dan berpengalaman, akan membantu bernegosiasi yang handal, agar Anda mendapatkan harga beli rumah cash terbaik.

Jangan ragu untuk menghubungi epicfortuna dan lakukan konsultasi tentang beli rumah cash sekarang juga!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *