Kawasan-Bintaro-Jaya

Jika Anda sedang mencari kawasan hunian menengah ke atas di sekitar Jabodetabek yang lokasinya paling strategis dan banyak diminati, kawasan Bintaro Jaya adalah jawabannya.
Perumahan di sekitar kawasan tersebut selalu diburu banyak orang, karena beberapa keunggulan yang dimilikinya.

Bukan hanya menjadi tempat untuk hunian yang nyaman, strategis, dan mandiri, keuntungan bisnis dan investasi tentunya menjadi salah satu tujuan bermukim di sana. Banyak yang masih merasa bingung, karena lokasi kawasan Bintaro Jaya ini berada di wilayah Jakarta dan juga Tangerang.

Berikut ini artikel selengkapnya tentang kawasan Bintaro Jaya, sejarah berdirinya, alasan banyak diminati, dan informasi penting lainnya untuk Anda yang mau tahu:

Letak Kawasan Bintaro Jaya

Bagi yang belum pernah mengunjungi kawasan Bintaro Jaya, memang benar bahwa kawasan ini terletak di wilayah Jakarta Selatan hingga ke Tangerang. Wilayah Bintaro sebelah utara berbatasan dengan kelurahan Kebayoran Lama utara dan Kebayoran Lama Selatan.

Sebelah utaranya berada di kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Awalnya kawasan yang disebut kota mandiri ini terbagi menjadi 9 sektor atau 9 distrik.

Menurut Wikipedia, sektor 2-9 terletak di wilayah Tangerang Selatan. Sedangkan sektor 1-2 (sebagian) berada di wilayah Jakarta Selatan. Seiring berkembangnya properti di kawasan elite ini, pembagian sektor kemungkinan akan bertambah, seperti distrik CBD, Menteng, Permata, Emerald, dan lainnya.

Sebagai kawasan yang terbentang cukup luas ini, kawasan Bintaro Jaya memiliki akses ke beberapa jalan utama yang dapat dilalui berbagai jenis transportasi darat. Sejak dibangun pertama kalinya pada tahun 1979 hingga saat ini, kawasan Bintaro Jaya memiliki luas sekitar 1.000 hektare dan membentang dari Jakarta selatan hingga ke Tangerang.

Sejarah Kawasan Bintaro Jaya

Kawasan properti yang begitu digemari kaum millennial di Jakarta dan sekitarnya ini, didirikan pertama kali oleh PT. Jaya Real Property Tbk pada tahun 1979. Perusahaan realestat tersebut merupakan salah satunya yang terkenal di ibu kota, dengan pengalaman pembangunan properti selama hampir seperempat abad.

Beberapa hasil karya pembangunan yang dilakukan perusahaan ini bisa kita saksikan dan masih berdiri dengan megah hingga saat ini. Mulai dari Plaza Bintaro, Plaza Slipi Jaya, hingga Pusat Perdagangan Senen blok IV-V, dan beberapa bangunan lainya di kawasan Bintaro jaya yang masih berdiri hingga saat ini.

Dengan profesionalitas dalam bidang pembangunan properti di ibu kota, diketahui bahwa PT. Jaya Real Property Tbk ini juga sudah terdaftar di Bursa Efek Jakarta sejak 28 tahun yang lalu ( 1994 ).

Lahirnya konsep perumahan elite dengan taman yang indah di dalamnya, bisa dibilang dipelopori oleh perusahaan properti ini. Sebagai “The Professional’s City” kawasan Bintaro jaya memang diperuntukkan bagi kaum profesional dan intelektual di ibu kota Jakarta dan sekitarnya.

Sarana dan Fasilitas Pendukung

Sebagai salah satu kawasan perumahan dan kawasan Industri terbaik di Jakarta dan Tangerang, Bintaro Jaya tentunya didukung oleh sarana dan fasilitas pendukung terbaik.

Para penghuni kawasan Bintaro Jaya mendapatkan semua yang dibutuhkan. Mulai dari sarana ibadah, hiburan, pendidikan, perumahan, perkantoran, hingga taman kota, semua serba ada.

Sarana Pendidikan dan Kesehatan Terbaik

Kawasan Bintaro Jaya tentunya memiliki sarana terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah tersebut. Sarana pendidikan terbaik tersedia mulai dari tingkat PAUD hingga pendidikan tinggi, termasuk Sekolah Pembangunan Jaya yang merupakan sekolah unggulan yang bisa dipilih.

Begitu juga dengan fasilitas kesehatannya, kawasan kota Mandiri ini telah didukung oleh tenaga medis profesional dan peralatan kesehatan yang terbaik. Mulai dari Rumah Sakit Premier Bintaro di kawasan distrik 9 Bintaro, hingga beberapa klinik kecantikan kini tersebar di kawasan tersebut.

Kawasan Bisnis Terpadu

Kalau Anda ingin mencari rumah di Bintaro karena alasan bisnis, ini adalah pilihan yang tepat. Karena salah satu lokasi bisnis yang menguntungkan di sekitar Jakarta dan Tangerang adalah di kawasan Bintaro. Kawasan bisnis terpadu di sini menjadi salah satu keunggulan. Gedung perkantoran hingga kegiatan bisnis di area ini dapat dengan mudah ditemukan. Beberapa diantaranya seperti Bintaro Trade Center, CBD BSD 1 dan 2, Plaza Cordoba, dan lain sebagainya.

Bayangkan ketika pulang kantor dan Anda merasa lelah serta ingin menghilangkan stress sejenak, Anda hanya tinggal pindah tempat karena masih berada dalam satu kawasan yang sama.

Tempat Nongkrong Masa Kini

Selain pusat perkantoran dan bisnis yang terpadu, alasan kawasan Bintaro Jaya begitu diminati adalah banyaknya tempat nongkrong kekinian di kawasan tersebut. Kawasan distrik 9 Bintaro Jaya menjadi salah satunya yang selalu ramai dan menjadi pusat hiburan yang menyenangkan.

Terdapat kedai kopi kekinian seperti Lesung kopi, Pals Place, Elden Coffee, dan lain sebagainya. Tersedia juga bar dan nightclub untuk Anda yang menyukai dunia hiburan malam. Bagi yang suka wisata kuliner, Lot 9 di kawasan Bintaro Jaya ini jangan sampai dilewatkan dan pastikan menjadi tujuan kuliner yang utama.

Pusat Perbelanjaan Terlengkap

Tidak heran jika kawasan Bintaro diminati para kaum millennial, salah satunya karena memiliki pusat perbelanjaan yang lengkap. Masyarakat yang tinggal di kawasan perumahan Bintaro Jaya, dapat dengan mudah menemukan pusat perbelanjaan modern dan lengkap tidak jauh dari rumahnya.

Berbagai kebutuhan untuk keluarga, hiburan, fashion, hingga tempat nongkrong masa kini bisa dikunjungi kapan saja, terutama saat akhir pekan.

Beberapa mall besar ada di sana, seperti Plaza Bintaro di sektor 1 , Bintaro Jaya Plaza di sektor 3, Lotte Mart Bintaro Sektor 7, Bintaro Junction sektor 9, dan lainnya. Sedikit informasi, kawasan perumahan Bintaro selalu laris manis karena akses yang dekat dan mudah ke pusat perbelanjaan tersebut.

Transportasi Publik Memadai

Kawasan Bintaro Jaya memang identic dengan kalangan menengah ke atas. Mereka yang menggunakan kendaraan pribadi dapat dengan mudah menjangkau semua tempat di sana. Meskipun begitu, transportasi public di sekitar kawasan ini juga sangat lengkap dan mudah diakses dari beberapa wilayah sekitar.

Beberapa transportasi masa kini seperti taksi dan ojek online tentunya tersedia dan bisa diakses kapan saja. Begitu juga dengan transportasi lain seperti bus TransJakarta, KRL, dan commuter line, yang bisa mengantarkan Anda dari beberapa wilayah lain menuju ke kawasan Bintaro.

Beberapa rute yang tersedia untuk bus TransJakarta seperti rute Jakarta-Bintaro dan Terminal Blok M-Bintaro. Untuk rute Commuter line, Anda yang ingin menuju kawasan kota mandiri ini bisa naik dari stasiun Pondok Ranji atau Jurangmangu.

Akses Jalan yang Mudah

Alasan yang satu ini menjadi hal yang paling utama, mengapa kawasan Bintaro Jaya ini menjadi begitu diminati berbagai kalangan, terutama menengah ke atas. Para karyawan yang bekerja di Jakarta, bisa masuk ke kawasan elit di Jakarta dan Tangerang ini melalui beberapa jalan tol.

Anda bisa melalui ruas jalan tol Kunciran-Serpong untuk menuju ke Serpong, Tangerang, hingga Jakarta barat dan berangkat dari gerbang tol Pondok Ranji dan gerbang tol Parigi. Bagi yang ingin pergi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang terletak di wilayah Cengkareng, Tangerang, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kawasan Bintaro Jaya via tol Parigi.

Harga Tanah atau Rumah di Bintaro Jaya

Sebagai kawasan kota mandiri yang serba ada, kawasan Bintaro Jaya memang cocok dijadikan tempat tinggal oleh masyarakat kalangan menengah ke atas. Sebagai informasi, pada tahun 2021 lalu, harga tanah kavling di area perumahan kawasan elite ini berkisar dari Rp. 7.5 juta hingga Rp. 20 jutaan/ meter persegi.

Dengan kata lain, sektor properti khususnya perumahan di kawasan Bintaro Jaya akan mengalami kenaikan setiap tahunnya sebesar 15%.

Hal tersebut tentunya cukup menjanjikan, bagi Anda yang ingin menjadikan perumahan di kawasan Bintaro sebagai lahan untuk investasi jangka panjang. Bagi para generasi Millennial yang berminat untuk pindah dan menetap di Bintaro, perumahan mulai dari harga Rp. 300 jutaan juga tersedia di sana.

Peluang Bisnis di Kawasan Bintaro Jaya

Selain investasi properti dalam bentuk perumahan di kawasan Bintaro Jaya, peluang investasi lainnya adalah membuka bisnis di kawasan ini. Dengan dukungan fasilitas dan sarana yang serba ada, berbisnis di kawasan kota mandiri di Jakarta hingga Tangerang ini berpotensi memberikan keuntungan yang maksimal.

Beberapa alasan mengapa berbisnis di kawasan Bintaro menguntungkan, di antaranya karena beberapa hal berikut ini:

  • Ramai Warga, luasnya kawasan Bintaro yang terbagi hingga distrik 9 ini, memiliki jumlah kepala keluarga yang mencapai belasan ribu orang.
  • Lokasi yang Strategis, Mulai dari jalan tol utama, rute KRL, hingga transportasi online memiliki akses yang mudah ke kawasan bintaro.
  • Area Perkantoran, kawasan bintaro terkenal dengan area perkantoran yang beragam. Hal ini tentunya berpotensi untuk kemajuan sektor bisnis di sekitarnya.
  • Pilihan ruko yang beragam, mulai dari sewa ruko di kawasan bintaro atau beli ruko, bisa dijadikan pilihan bagi para investor atau pebisnis yang ingin memulai usahanya di sana.
  • Nilai investasi yang tinggi, dengan beberapa alasan di atas, potensi keuntungan yang didapatkan untuk sektor bisnis di kawasan Bintaro jaya mencapai 5-10%, khususnya untuk sektor properti.

Kawasan Bintaro Jaya menjadi begitu diminati karena lengkapnya sektor properti yang tersedia di sana, seperti perumahan, perkantoran, hingga ruko untuk keperluan bisnis.

Dukungan fasilitas dan sarana yang lengkap, memudahkan mobilitas masyarakat di sekitar hingga masyarakat luar yang ingin berkunjung ke kawasan elite di Jakarta dan Tangerang.

Keputusan untuk memiliki salah satu dari sektor properti di kawasan Bintaro Jaya tentunya dapat berpotensi memberikan keuntungan investasi jangka panjang.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *