Desain Rumah Minimalis

Sebagian besar orang lebih menyukai desain rumah minimalis dibandingkan konsep rumah lainnya, karena dianggap sederhana tetapi desain nyaman dan tidak kuno untuk ditinggali.

Hal tersebut tidak terlepas dari konsep rumah minimalis itu sendiri, yang memunculkan kesederhanaan dan fungsionalitas dari suatu bangunan.

Lalu rumah minimalis itu bentuknya seperti apa sih? Umumnya, rumah dengan warna cat dinding putih dan berbentuk kotak disebut rumah minimalis.

Sebenarnya, jenis rumah idaman seperti ini mengalami perkembangan desain, mulai dari rumah minimalis sederhana, menjadi rumah minimalis modern yang kekinian.

Mari kita cari tahu, seperti apa rumah minimalis dalam dunia arsitektur dan properti saat ini? Berikut ulasan selengkapnya:

Konsep Desain Rumah Minimalis

Kata minimalis kabarnya telah menjadi tren sejak abad-20 lalu yang terus berkembang hingga saat ini.

Singkatnya Minimalis dalam dunia arsitektur adalah tentang menghilangkan bagian-bagian bangunan yang tidak perlu, dan hanya menyisakan yang diperlukan saja (bagian pentingnya saja).

Kalau kata seorang arsitek bernama Ludwig Mies Van der Rohe, minimalis adalah kelebihan ( Less is more ). Sama hal nya dengan pendapat seorang desainer bernama Buckminster Fuller, “Doing more with less“.

Dalam perkembangannya, konsep minimalis dalam arsitektur banyak dipengaruhi oleh beberapa budaya.

Beberapa diantaranya seperti gerakan Seni De Stijl dari Eropa, yang mendorong abstraksi dan kesederhanaan dalam desain.

Kemudian, seorang Arsitek Ludwig Van de Rohe, asal Belanda tadi yang membangun konsep detail dan sederhana pada bangunanya, selama perang dunia 1 berlangsung.

Budaya tradisional Jepang juga ikut mempengaruhi perkembangan desain minimalis.

Pilihan warna yang sederhana dengan garis dan bentuk yang detail adalah dasar konsep ini.

Bentuk Rumah Minimalis

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa terdapat 2 bentuk rumah minimalis yang populer dan banyak dibangun di Indonesia hingga saat ini.

Awalnya, rumah minimalis sederhana menjadi populer, dan banyak didirikan para developer perumahan yang terbukti laris manis di pasaran.

Rumah Minimalis Sederhana

Bentuk rumah minimalis yang paling pertama muncul hadir dalam bentuk yang lebih sederhana.

Jika dilihat dari fasad bagian depan rumah, rumah sederhana ini masih memiliki bentuk atap segitiga, tetapi penggunaan warna eksterior dan interior rumahnya di dominasi warna polos, seperti warna putih.

Tidak banyak dekorasi di bagian eksterior rumah minimalis sederhana, yang tampak biasanya hanya berupa garis tegas dengan pagar pembatas yang sederhana.

Umumnya, rumah seperti ini tersedia dalam berbagai tipe, seperti:

  • Rumah type 21, 1 kamar tidur
  • Rumah type 36, 2 kamar tidur
  • Rumah type 45, 2 kamar teras luas
  • Rumah type 54, ekstra ruang tamu
  • Rumah type 60, 4 kamar tidur, 2 lantai

Rumah minimalis sederhana yang populer hingga saat ini, masih merupakan penggabungan rumah tapak dengan desain eksterior dan interior yang minimalis.

Rumah seperti ini banyak ditemukan di Perumahan pinggir kota, dalam bentuk yang sama.

Rumah Minimalis Modern

Lain dulu lain sekarang, desain rumah minimalis sederhana telah berkembang menjadi rumah minimalis modern yang lebih detail.

Minimalis modern ingin mencapai desain yang efisien dan efektif, dengan tetap mengutamakan kesederhanaan dalam setiap warna, detail, material, dan ruang yang digunakan.

Ciri-ciri rumah minimalis modern yang paling terlihat adalah rumah open space dengan sedikit sekat di dalamnya. Hal ini menjadikan ruangan lebih terbuka dengan pencahayaan alami.

Rumah minimalis modern juga jauh lebih simple dari rumah minimalis sederhana. Rumah ini akan lebih minim dekorasi, sehingga lebih hemat dalam biaya furniturenya.

Rumah modern saat ini juga memadukan unsur lain yang menarik dan tetap fungsional. Misalnya, tambahan material kaca dan kayu dalam interior rumah, membuatnya tampil lebih berbeda.

Jika dilihat dari sisi eksteriornya, rumah minimalis modern lebih menampilkan visual dari struktur dinding dan bangunanya.

Bentuk kotak yang khas, ditambah dengan bukaan jendela yang luas dan penggunaan pintu geser yang mudah.

Ciri-ciri Desain Rumah Minimalis

Agar lebih mudah dalam menentukan konsep rumah minimalis yang seharusnya, berikut ini ciri-ciri rumah minimalis yang mudah ditemukan pada suatu bangunan:

Perancangan Bangunan yang Simple

Salah satu ciri dari rumah minimalis adalah perancangan bangunan yang Simple dan tidak ribet.

Maksudnya, rancangan bangunan tidak tergantung pada ukuran bangunan, tetapi lebih kepada gaya arsitektur yang digunakan.

Tidak heran, rumah-rumah minimalis saat ini banyak yang direnovasi dari rumah lama yang berukuran cukup besar.

Keindahan yang Fungsional

Rumah minimalis juga memiliki ciri dimana lebih menonjolkan keindahan secara fungsional. Tidak ada dekorasi atau ornamen yang berlebihan, sehingga tampak lebih elegan. 

Rumah minimalis juga tidak memiliki banyak sekat dalam ruangan. Hal ini membuat ruangan tampak lebih luas, meskipun ukuran rumah tergolong kecil.

Jendela dan Langit-langit yang Luas

Tanpa dekorasi yang berlebihan, rumah modern ini juga memiliki ciri-ciri lainnya seperti jendela dan Langit-langit yang luas.

Hal ini sesuai dengan konsep minimalis, yang lebih mendukung pada penghematan energi listrik dan ramah lingkungan.

Minim Hiasan

Bagi Anda yang suka dengan banyak hiasan di rumah, jika sudah memilih konsep minimalis, maka tinggalkan semua hiasan tersebut.

Rumah minimalis identik dengan hiasan yang dirasa perlu saja. Misalnya, meja dengan 1 frame lukisan, ditambah kursi sudah cukup untuk menjadi meja kerja yang indah dan estetik.

Dominasi Persegi pada Eksterior Rumah

Tidak lagi ditemukan bentuk segitiga sebagai atap pada rumah minimalis. Dominasi bentuk persegi yang beraturan dan menempel adalah ciri khas dari rumah modern minimalis.

Kesan yang ditimbulkan dari bentuk persegi ini adalah luas dan bersih. Ada banyak desain fasad rumah minimalis yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Nah, semoga Anda tidak bingung lagi ya mengenai desain rumah minimalis yang populer saat ini. Jika Anda sedang mencari rumah minimalis di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa cek katalog Properti di website kami. Ada beberapa pilihan rumah minimalis yang bisa Anda jadikan investasi atau tempat tinggal untuk keluarga Anda.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *